“Keselamatan Kerja Yang di Abaikan”

“Keselamatan Kerja Yang di Abaikan”
PT.Bandar Abadi
Mari Berbagi


HMSTimes.com, Batam- UU NO 1 THN 1970 tentang keselamatan kerja,  yang terdiri dari XI BAB dan 18 pasal sudah  cukup jelas yang menjadi landasan oleh setiap pelaku usaha ataupun instansi pemerintah dalam melakukan roda perusahaan. Akan tetapi hal ini tidak sepenuhnya berjalan pada PT. BANDAR ABADI terbukti masih ditemukan kecelakaan kerja seperti berita sebelumnya, sabtu (18/04/2020), “Laka Kerja, Karyawan PT.Bandar Abadi, Kesetrum di Lokasi Perusahaan”.

Pada BAB III pasal 3 disebutkan syarat-syarat keselamatan kerja yang salah satunya berbunyi mencegah dan mengurangi kecelakaan. Harus menjadi prosedur mutlak tanpa toleransi setiap pelaksanaan dalam ruang lingkup kerja, maka dengan ini, patut di duga human error (kelalaian manusia) baik dalam pengawasan ataupun si korban. Dimana peran HSE yang menjadi selogan perusahaan yang mengutamakan keselamatan kerja.

Hal ini harus diberikan penjelasan oleh management secepatnya sehingga publik mengetahui sumber penyebab kecelakaan kerja yang telah terjadi. Pada BAB IV pasal 5 jelas menyebutkan Pengawasan serta BAB V pasal 9 menyebutkan Pembinaan. Apakah kedua pasal ini telah berjalan?

Di  BAB IX “KEWAJIBAN BILA MEMASUKI TEMPAT KERJA” pasal 15, sudah jelas  menyebutkan ” barang siapa akan memasuki suatu tempat kerja, wajib mentaati semua petunjuk keselamatan kerja dan memakai alat- alat pelindung diri yang diwajibkan” Apakah pasal ini juga telah berjalan?

Patut di pertanyakan pada management PT. Bandar Abadi. Harus di telusuri lebih jauh pelaksanaannya. Peran pemerintah juga menjadi sangat penting untuk diketahui apakah berjalan fungsi pengawasan berkala sehingga setiap pelaku usaha memiliki tanggung jawab di sertai dengan laporan untuk memastikan setiap pekerja selamat dalam tugasnya. Yang menjadi pertayaan juga apakah UU K3 telah berjalan sesuai ketentuan yang berlaku. Jangan sampai ada korban lain berikutnya.

BACA JUGA:  Musim Hujan Dan Angin Utara Pentingnya Mengindahkan Himbauan

Redaksi

 


Mari Berbagi
Redaksi HMS Times

Redaksi HMS Times

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com