Beli HP Baru Tapi Signalnya Tak Berfungsi, Mungkin IMEI Ponsel Anda Belum Didaftarkan

Beli HP Baru Tapi Signalnya Tak Berfungsi, Mungkin IMEI Ponsel Anda Belum Didaftarkan
Mari Berbagi


HMSTimes.com, BATAM – Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Batam kembali mengingatkan kewajiban registrasi IMEI (International Mobile Equipment Identity) pada perangkat telekomunikasi selular (Handphone, Komputer Genggam, dan Tablet).

Terkait kebijakan registrasi IMEI, BC Batam  kembali menyampaikam  bahwa pemberlakuan ketentuan mengenai kewajiban registrasi IMEI pada perangkat selular dimulai sejak tanggal 18 April 2020 lalu.

“Terhadap perangkat seluler dimaksud, apabila berasal dari luar negeri memasuki wilayah Batam, wajib diregistrasi untuk bisa diaktivasi, namun belum ada kewajiban membayar Bea masuk dan Pajak Impor karena Batam adalah FTZ, ” Ujar Kabid Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi BC Batam Sumarna, Selasa (12/05/2020).

Lanjutnya, sedangkan pada saat perangkat seluler akan dikirim keluar Batam, maka IMEI wajib diregistrasi kembali dan melunasi Bea masuk dan  Pajak Impor.

“Registrasi IMEI dapat dengan mudah dilakukan melalui aplikasi Mobile Bea Cukai (yang bisa didownload di Appstore aau Playstore) dan bisa juga melalui Website beacukai.go.id, ” Jelasnya.

Kata Sumarna lagi, bagi perangkat seluler yang dibeli dan baru diaktifkan diatas tanggal 18 April 2020 dan yang belum terdaftar IMEI nya, maka tidak bisa menggunanakan jaringan yang ada di Indonesia.

“Kebijakan ini dibuat dalam rangka melindungi Industri Dalam Negeri serta mencegah penyelundupan dan pelanggaran di bidang perpajakan, ” Tutupnya.

(Adl)

Berita Terkait:

BACA JUGA:  DPC PDI Perjuangan Kabupaten Karimun, Persiapkan Diri Menyongsong Pilkada Kepri


Mari Berbagi
Redaksi HMS Times

Redaksi HMS Times

Email Redaksi: hmstimes2020@gmail.com

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com