Pemerintah Jangan Mensia- Siakan SDM Mumpuni Yang Ada

Pemerintah Jangan Mensia- Siakan SDM Mumpuni Yang Ada
Azmi Syahputra Ketua Asosiasi Ilmuwan Praktisi Hukum Indonesia(Alpha).
Mari Berbagi


HMSTimes.com, JAKARTA– Dikembalikannya Siti Fadilah (Mantan Menteri Kesehatan Republik Indonesia)  ke Rutan Pondok Bambu (22/5) pasca dirujuk ke RSPAD pada (20/5), adalah kurang tepat, pengembalian beliau oleh Kementerian Hukum dan HAM kurang dapat di rasa manfaatnya jika hanya sekedar  menghabiskan masa hukuman.

Beliau ini Ilmuwan dan kaya pengalaman di birokrasi sebagai Menteri di pemerintahan, secara keilmuwan ada 150 karya ilmiah beliau yang dipublish di jurnal nasional maupun internasional, ia juga  Dokter ahli jantung pembuluh darah, ini kan aset yang dapat  dimanfaatkan pemerintah.

Sikap yang kurang bijak ini menunjukkan  bahwa Penguasa di negeri ini banyak, gak cuma satu orang, bisa saja ada kepentingan  yang berbeda dari kekuasaan tersebut.

Semestinya seusia beliau  yang sudah 71 tahun dan dengan kompetensi keilmuwan  yang mumpuni  serta kaya pengalaman  dapat dimanfaatkan untuk  kepentingan bangsa yang lebih besar, karena beliau telah nyata sudah membaktikan  diri dan ilmunya pada bangsa apalagi diperkuat dengan pengalaman empiris pada penanganan kasus flu burung (virus sars) pada tahun 2004 .

Dengan kejadian tersandung masalah hukum pada dirinya   menunjukkan orang idealis dan mumpuni tidak cukup punya tempat di negeri ini, karena ada kalanya terbentur dengan “kepentingan kekuasaan”,  bila frekwensinya tidak sama. Karenanya Bisa jadi beliau jadi korban atau dikorbankan atas nama sebuah kepentingan yang tersembunyi.

Maka seharusnya sangat bijak dan layaklah untuk dipertimbangkan oleh pemerintah  secara kasuistik (pengecualian)  tidak semata an-sich  dari segi yuridis melainkan aspek melihat sisi humanis dan penghargaan atas pengabdian dan jasa baiknya maupun terhadap orang-orang tertentu yang memiliki kompetensi dan rekam jejak yang  baik untuk dikemas dengan semangat gotong royong buat bangsa, semua potensi anak bangsa agar disinergiskan.

BACA JUGA:  Ketua DPD PSI, Hng Jin Gui Sumbang 1000 L Disinfektan Untuk Batam

Beliau jangan disia-siakan, Pemerintah semestinya merangkul sebagai bagian dari team  guna membantu  memberikan ide-ide, pengalaman, gagasan untuk menghadapi situasi  covid-19 saat ini.

“pemerintah melalui kementerian kesehatan semestinya  dapat ambil peran optimal memanfaatkan dan bisa menggali  pemikiran, ide maupun solusi dari beliau guna dapat dielabor, dikonkritkan dalam mempercepat solusi penanganan situasi covid -19 ini, jadi sangat disayangkan, tidak ada manfaatnya bagi pemerintah bila  cuma sekedar dijebloskan kembali  ke rutan yang didapat cuma sekedar menghabiskan masa hukuman, beliau harus dijebloskan pada sirkuit keilmuwan   sirkuit ambil peran mengabdikan diri dalam kajian strategis ilmu kesehatan .

Azmi Syahputra

Ketua Asosiasi Ilmuwan Praktisi Hukum Indonesia(Alpha).


Mari Berbagi
Redaksi HMS Times

Redaksi HMS Times

Email Redaksi: hmstimes2020@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com